Jumat, 08 Juli 2011

Kegunaan Tembakau Cerutu

Tembakau cerutu dikelompokan berdasarkan kegunaannya menjadi tiga kelompok, yaitu:
  • Tembakau kualitas Dekblad, merupakan tembakau yang digunakan sebagai pembalut terluar sehingga menuntut persyaratan kualitas tembakau yang tinggi karena sangat menentukan penampilan cerutu. Keguaannya sebagai pembalut, temabaku cerutu yang berkualitas dekblad memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dari omblad dan filler.
  • Tembakau kualitas Omblad, merupakan tembakau yang digunakan sebagai pembungkus dilapisan kedua. Persyaratan kualitas yang dibutuhkan omblad lebih rendah dari dekblad, akan tetapi harus memiliki karakter taste yang khas. Kemasakan daun sangat diperlukan bagi tembakau yang dipergunakan sebagai omblad.
  • Tembakau kualitas Filler, merupakan tembakau yang digunakan sebagai pengisi atau bagian paling dalam dari cerutu. Tembakau yang diperuntukan untuk filler, penampilan tidaklah terlalu penting, hanya taste yang dimiliki harus dominan karena sangat menentukan taste cerutu itu sendiri. Tembakau kualitas filler mempunyai nilai ekonomis yang paling rendah dibandingkan tembakau penyusun cerutu lainnya.
Gambar Kegunaan Tembakau Cerutu

1 komentar:

  1. terkait dengan kegunaan tembakau sebagai bahan baku cerutu yg diekspor.kita tahu eropa,amerika,bahkan australia sangat keras dan gencar sekali dengan program anti tembakau (FCTC) dari WHO.bagaimana perlawanan insan2 tembakau dengan hal ini???

    BalasHapus