Kamis, 07 Juli 2011

Karakteristik Tembakau Cerutu

Tembakau cerutu merupakan produk dengan karakteristik yang unik dan tidak dimiliki oleh komoditi perkebunan lain. Karakteristik yang dimiliki tembakau cerutu, diantaranya:
1.  Komoditi yang bersifat fancy product, dimana produk yang dihasilkan tidak memiliki standart kualitas yang baku karena kualitas produk sangat tergantung dari selera masing-masing pembeli. Setiap pembeli akan memiliki selera yang bervariasi mulai dari pasar eropa, amerika hingga asia akan berbeda-beda.
2.    Sebagai produk pemuas yang unik, tidak mempunyai standar internasional yang eksak seperti pada komoditi agribisnis yang lain. Perannya sebagai produk pemuas yang unik membuat tembakau cerutu menjadi tanaman dengan nilai jual yang bervariasi dan kisaran harga yang sangat jauh tergantung kualitas dan selera pembeli.
3.  Tembakau cerutu merupakan salah satu komoditi yang hampir keseluruhan proses produksinya masih bersifat manual dan rumit serta belum bisa digantikan dengan sistem mekanis, sehingga keberhasilannya sangat tergantung pada tenaga kerja manusia yang membudidayakannya. Proses budidaya tembakau cerutu membutuhkan penanganan yang istimewa untuk menghasilkan kualitas daun yang bagus tidak seperti komoditi lainnya. Selain itu, proses produksi untuk menghasilkan kualitas tembakau yang baik masih menggunakan tenaga manusia (misalnya proses sortasi) dan masih belum bisa digantikan dengan mekanis.
4.      Pencapaian keberhasilan dalam budidaya tembakau cerutu harus memiliki instuisi, insting, pengalaman dan kepedulian bahkan seni SDM pengelolanya. Dapat Budidaya tembakau cerutu harus memiliki kepekaan karena setiap tahun akan berbeda kondisinya sehingga harus dapat dengan segera mempelajari dan menyesuaikannya untuk menghasilkan daun tembakau berkualitas tinggi.

1 komentar:

  1. dimana letak instuisi,insting,pengalaman dan jiwa seni sdm itu digunakan dalam proses produksi tembakau???

    BalasHapus