Selasa, 12 Juli 2011

Pengeringan Daun Tembakau

Daun tembakau yang sudah masak (sesuai kriteria petik) dipetik sesuai dengan pola petik, dimana setiap kali panen, daun yang dipetik (polong) sebanyak 2 lembar. Proses petik daun tembakau dilaksanakan pada pukul 05:00 - 08:00 dan diangkut ke gudang pengering maksimal pukul 10:00 dengan tujuan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari dengan intensitastinggi karena akan menurunkan kualitas daun tembakau. 


Daun-daun tembakau yang diangkut di gudang pengering ditimbang terlebih dulu yang kemudian dipilih ukur (panjang, sedang dan pendek). setelah pilih ukur, daun-daun tembakau yang sama ukuranya disujen/sunduk secara hati-hati. proses sujen menggunakan tali rami. setiap utas rami berisi 35 - 40 daun dan dinamakan satu STG (Sunduk Tali Goni). 4 STG diikatkan pada satu dolong dan siap untuk dikeringkan.
 
Proses pengeringan daun tembakau dilaksanakan dengan sistem pengeringan lambat agar berjalan secara alami. sistem pengeringan daun tembakau adalah dengan sistem pengeringan udara (curing plastic system).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar