Kamis, 18 Oktober 2012

Pertanian Presisi


PERTANIAN PRESISI,
PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DALAM APLIKASI PEMUPUKKAN TANAMAN TEMBAKAU

Pertanian presisi (precision farming/PF) merupakan informasi dan teknologi pada sistem pengelolaan pertanian untuk mengidentifikasi, menganalisa, dan mengelola informasi keragaman spasial dan temporal di dalam lahan untuk mendapatkan keuntungan optimum, berkelanjutan, dan menjaga lingkungan. Tujuan dari PF adalah mencocokkan beberapa sumber daya dan kegiatan budidaya pertanian dengan kondisi tanah dan keperluan tanaman berdasarkan karakteristik spesifik lokasi di dalam lahan (McBratney A and Whelan BM, 1995). Penerapan PF dalam budidaya tanaman dapat berpotensi menghasilkan produksi atau hasil yang lebih besar dengan tingkat input (pupuk, kapur, herbisida, insektisida, fungisida, bibit) yang sama atau hasil yang sama dengan pengurangan input. Oleh karena itu, PF merupakan revolusi dalam pengelolaan sumber daya alam berbasis teknologi informasi.

PF merupakan salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk meminimalisasi biaya produksi, meningkatkan keuntungan dan mengedepankan kualitas produk serta kerusakan lingkungan akibat proses budidaya tembakau yang secara keseluruhan menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Budidaya tanaman tembakau cerutu yang dilakukan PT. Perkebuanan Nusantara X (Persero) akan sangat erat kaitannya antara pemberian pupuk dan kualitas tembakau yang dihasilkan. Oleh karena itu, melalui pendekatan pertanian presisi, sistem budidaya tembakau yang dikembangkan dapat meminimalkan sumberdaya, megoptimalkan hasil produksi dan kualitas serta ramah lingkungan.

Kerangka pendekatan PF dalam pemupukan N, P, dan K pada budidaya tebu yang diteliti disajikan pada Gambar 3.  Selanjutnya hal tersebut dikemas dalam suatu Sistem Pendukung Keputusan agar pengambilan keputusan dapat efektif, yang mana di dalamnya terdapat Sistem Informasi Geografis. Konfigurasi Sistem Pendukung Keputusan untuk pendekatan PF dalam pemupukan N, P, dan K pada budidaya tembakau disajikan pada Gambar 1.

 Gambar 1. Kerangka pendekatan pertanian presisi dalam pemupukan pada budidaya tembakau

Aplikasi Sistem Informasi Geografis dalam pertanian presisi pada kegiatan pemupukan di perkebunan tembakau dapat mempermudah dan mempercepat pengolahan dan penampilan data sebagai bagian dari sistem pendukung keputusan untuk strategi pemupukan pada budidaya tembakau dengan pendekatan pertanian presisi.
Penggunaan pendekatan pertanian presisi pada tanaman tembakau dapat juga dilakukan pada teknis budidaya yang disesuaikan dengan sumber daya yang ada di lokasi tersebut, aplikasi pestisida dalam pengendalian hama dan penyakit dan beberapa aspek lain dalam budidaya tanaman tembakau dapat dilakukan dengan pendekatan ini..... selengkapnya (...klik disini...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar